fbpx
Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)

Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)

Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)Pelatihan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)

Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) – Mutu dan keselamatan pasien sebenarnya sudah tertanam dalam kegiatan pekerjaan sehari-hari dari tenaga kesehatan profesional dan staf lainnya. Pada waktu dokter dan perawat menilai kebutuhan pasie dan memberikan asuhan, bab ini dapat membantu mereka memahami bagaimana perbaikan dapat benar-benar membantu pasien dan mengurangi resiko. Oleh karena itu, Rumah Sakit perlu menyusun suatu program untuk memperbaiki proses pelayanan terhadap pasien, agar kejadian yang tidak diinginkan dapat dicegah melalui rencana pelayanan yang komprehensif. Dengan meningkatnya keselamatan pasien, diharapkan dapat mengurangi terjadinya suatu kejadian yang tidak diinginkan sehingga kepercayaan masyarakat terhadap mutu pelayana Rumah Sakit kembali meningkat.

Bab ini menekankan bahwa perencanaa, perancangan, pengukuran, analisis dan perbaikan proses klinis serta prose manajerial harus secara terus menerus dikelola dengan baik dengan kepemimpinan jelas agar tercapai hasil maksimal. Pendekatan memberi arti bahwa sebagian besar proses pelayanan klinis terkait dengan satu atau lebih unit pelayanan lainnya. Jadi upaya untuk memperbaiki proses harus merujuk pada pengelolaan keseluruhan manajemen mutu rumah sakit dengan pengawasan dari komite perbaikan mutu dan keselamatan pasien. Oleh karena itu DISI Training Center sebagai Konsultan & Training Rumah Sakit bermaksud menyelenggarakan pelatihan yang direkomendasikan untuk diikuti.

TUJUAN TRAINING PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN (PMKP)

Tujuan umum dari Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit adalah terwujudnya mutu pelayanan dan keselamatan pasien di rumah sakit.

Adapun tujuan khususnya:

    • Peserta diharapkan dapat merencanakan program peningkatan mutu dan program keselamatan pasien.
    • Peserta dapat merancang proses-proses klinis baru dan proses manajerial dengan benar
    • Dapat mengukur apakah proses berjalan baik melalui pengumpulan data
    • Peserta dapat menerapkan dan melanjutkan perubahan yang dapat menghasilkan perbaikan.
    • Peserta mampu memberikan jaminan mutu pelayanan melalui enam indikator mutu Rumah Sakit yang telah ditetapkan kepada seluruh pengunjung Rumah Sakit
  • Peserta mampu memberikan kesadaran dan kepatuhan yang penuh terkait dengan terlaksananya program-program pencegahan sehingga tidak terjadi pengulangan kejadian yang tidak diharapkan.

MATERI TRAINING PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN (PMKP)

Standar KARS Versi 2012:

  • PMKP 1. Leadership and Quality Patient Safety Plan
  • PMKP 2. Clinical Guidline / Clinical Pathway
  • PMKP 3. Penetapan dan Pengumpulan Data Indikator
  • PMKP 4. Analisa Data Indikator
  • PMKP 5. Validasi Data Indikator
  • PMKP 6. Sentinel Event
  • PMKP 7. Variasi / Trend Data Tidak Diharapkan
  • PMKP 8. Near Miss
  • PMKP 9. Improvement and Sustainbility
  • PMKP 10. Improvement in Priority Area and Test Change
  • PMKP 11. Risk Management – FMEA

Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1:

  • PMKP 1 – Rumah Sakit mempunyai Komite/Tim yang kompeten untuk mengelola kegiatan PMKP sesuai dengan peraturan UU
  • PMKP 2 – Rumah Sakit mempunyai referensi terkini tentang PMKP berdasarkan ilmu pengetahuan dan informasi terkini serta perkembangan konsep PMKP
  • PMKP 3 – Rumah Sakit mempunyai program pelatihan PMKP untuk pimpinan RS dan semua staff yang terlibat dalam pengumpulan, analisa dan validasi data mutu
  • PMKP 4 – Komite/Tim PMKP terlibat proses pemilihan prioritas pengukuran pelayanan klinis yang akan dievaluasi dan melakukan koordinasi dan integrasi kegiatan pengukuran di seluruh unit RS
  • PMKP 5 – Rumah Sakit memilih dan menetapkan prioritas pengukuran mutu pelayanan klinis yang akan dievaluasi dan indikator-indikator berdasarkan prioritas tersebut
  • PMKP 6 – Setiap Unit kerja di Rumah Sakit memilih dan menetapkan indikator mutu yang dipergunakan untuk mengukur mutu unit kerja
  • PMKP 7 – Pengumpulan data merupakan salah satu kegiatan program PMKP untuk mendukung asuhan pasien dan manajemen RS lebih baik
  • PMKP 8 – Rumah Sakit mempunyai Regulasi validasi data indikator area klinik yang baru atau mengalami perubahan dan data yang akan dipublikasikan. Regulasi ini diterapkan dengan menggunakan Proses internal validasi data
  • PMKP 9 – Rumah Sakit menetapkan sistem pelaporan insiden keselamatan pasien baik Internal maupun Eksternal
  • PMKP 10 – Ada pengukuran dan evaluasi budaya keselamatan pasien
  • PMKP 11 – PMKP dicapai dan dipertahankan
  • PMKP 12 – Program Manajemen Risiko berkelanjutan digunakan untuk melakukan identifikasi dan mengurangi cedera dan mengurangi risiko lain terhadap keselamatan pasien dan staff

PESERTA YANG DIREKOMENDASIKAN

Ketuan dan anggota team PMKP Rumah Sakit, Divisi pelayanan dan K3, Divisi umum dan Customer Service, para Staff dan Direksi, koordinator Dokter, Kepala Perawat, Kepala Bidan, HRD/SDM Rumah Sakit serta semua pihak yang ikut terlibat langsung dalam Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit.

METODE

Training ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan. Disampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif dan presentasi kelompok.

Fasilitas

  • Lokasi Training di Hotel Bintang 3-5
  • Sertifikat Training
  • Modul Materi (Hard Copy & Soft Copy)
  • Flashdisk
  • Training Kit (Co-Card, Bolpoin, & Buku Catatan)
  • Souvenir Eksklusif
  • 1x Makan Siang dan 2x Coffee Break (Jam 10:00 & 14:00)
  • Penjemputan Bandara – Hotel (Pulang-Pergi selama pelatihan)

Biaya dan Lokasi

  • Yogyakarta : Rp 6.800.000,- / Peserta
  • Bandung : Rp 7.600.000,- / Peserta
  • Jakarta : Rp 7.800.000,- / Peserta
  • Surabaya : Rp 7.800.000,- / Peserta
  • Malang : Rp 7.800.000,- / Peserta
  • Semarang : Rp 7.200.000,- / Peserta
  • Solo : Rp 7.500.000,- / Peserta
  • Bali : Rp 7.000.000,- / Peserta (Minimal 2 peserta)
  • Lombok : Rp 7.400.000,- / Peserta (Minimal 2 peserta)

Keterangan

  1. Biaya dan Lokasi diatas hanya untuk Private Training dan Public Training, untuk In House Training penawarannya dapat menghubungi kami dilink berikut (kontak kami).
  2. Jumlah peserta, jadwal dan lokasi dapat menyesuaikan permintaan.
  3. Jika perserta ada 5 orang maka peserta yang ke 5 gratis biaya pelatihan.
  4. Pemintaan lokasi yang diluar daftar diatas dapat menghubungi kontak kami.

Untuk melihat jadwal pelatihan ini kunjungi Jadwal Training Update dan jika ingin mendaftar pelatihan ini, silakan isi form di Formulir Pendaftaran.

Yuk bagikan informasi training ini;

Duta Pro Training and Consulting

Duta Pro Training & Consulting merupakan Pusat Training SDM di Jogja, Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi. Timor Leste, Papua, Batam, Riau, Solo, Semarang, Klaten, Sleman, Bantul.