Pelatihan Hygiene dan Sanitasi Rumah Sakit
Training Hygiene dan Sanitasi Rumah Sakit – Hygiene dan Sanitasi Rumah Sakit merupakan suatu bentuk usaha / tindakan untuk mngawasi dan mencegah kerugian akibat penggunaan pelayanan rumah sakit sebagai sarana tempat pelayanan kesehatan terutama yang erat hubungannya dengan timbul dan menularnya suatu penyakit. Seperti yang kita ketahui rumah sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang disediakan untuk umum, tempat berkumpulnya orang sakit maupun sehat, yang memungkinkan terjadinya pencemaran lingkungan, gangguan kesehatan, dan atau sumber penularan penyakit. Untuk menghindari hal yang tidak menguntungkan tersebut, maka lingkungan maupun prasarana rumah sakit perlu dipelihara dengan baik termasuk juga kebersihan personal seluruh sumber daya manusia rumah sakit sesuai dengan persyaratan kesehatan.
Hal inilah yang menuntut wajib bagi para pengembang jasa pelayanan masyarakat dari waktu ke waktu untuk senantiasa mengembangkan pengetahuan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) salah satunya adalah yang terkait dengan Hygiene dan Sanitasi di rumah sakit. Konteks inilah yang melahirkan istilah “ Hygiene dan Sanitasi “ dalam industrialisasi rumah sakit dikenal istilah “ Hygiene & Sanitasi Rumah Sakit ” yang diartikan adalah sebagai suatu bentuk usaha/tindakan untuk mengawasi dan mencegah kerugian akibat penggunaan pelayanan rumah sakit sebagai sarana tempat pelayanan kesehatan terutama yang erat hubungannya dengan timbul dan menularnya suatu penyakit. Oleh karena itu DISI Training Center sebagai Konsultan & Training Rumah Sakit bermaksud menyelenggarakan ” Training Hygiene dan Sanitasi Rumah Sakit “ yang direkomendasikan untuk diikuti.
TUJUAN TRAINING
- Mampu memahami penanganan dan pengolahan limbah rumah sakit, termasuk didalamnya penggolongan limbah berdasarkan karakterisik dan bahaya yang bisa ditimbulkan.
- Memahami dan menguasai implementasi standar hygiene dan sanitasi rumah sakit yang terintegrasi dengan sistem pelayanan dan manajemen mutu rumah sakit.
- Melakukan inspeksi diri untuk mengukur hygiene personal yang sudah dilakukan berdasarkan ketentuan dan standar yang berlaku di rumah sakit, serta mampu melakukan tindakan pencegahan dengan melakukan audit secara terarah sesuai periode yang ditentukan dan juga tindakan dan evaluasi yang harus dilakukan serta tindak lanjut dari temuan audit.
- Memahami dan mengimplementasikan standar hygiene dan sanitasi rumah sakit berdasarkan Peraturan PEREMENKES RI dan Keputusan Dirjen PPM & PLP tentang Persyaratan Kesehatan Rumah Sakit
- Memahami dan mengimplementasikan standar hygiene dan sanitasi lainnya yang berlaku dimasyarakat skala nasional dan internasional terintegrasi dengan persyaratan hygiene dan sanitasi rumah sakit di Indonesia
- Melakukan audit kebersihan lingkungan kerja, untuk mengukur keefektifan sistem dan implementasi standar hygiene dan sanitasi yang dilakukan dilingkungan kerja. Dan diharapkan setelah audit dilakukan para auditor internal rumah sakit mampu melakukan tindakan perbaikan yang terarah dan komprehensif terhadap penerapan standar sistem hygiene dan sanitasi rumah sakit.
MATERI TRAINING
- Peraturan PEREMENKES RI dan Keputusan Dirjen PPM & PLP tentang Persyaratan Kesehatan Rumah Sakit
- Pencegahan Infeksi Nosokomial di Rumah Sakit
- Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR)
- Hygiene Perorangan
- Hygiene Sanitasi Linen dan Laundry Rumah Sakit
- Air dan Sanitasi Rumah Sakit
- Serta Pengolahan Sampah Rumah Sakit
- Sistem Pengolahan Limbah Rumah Sakit
- Manajemen Mutu Rumah Sakit
- Hygiene Sanitasi Pengelolaan Makanan Minuman di Rumah Sakit
- Pengaruh Lingkungan terhadap Penyebaran Penyakit
- Hygiene Sanitasi Dapur Rumah Sakit
- Study kasus & Diskusi kelompok
PESERTA
Dept K3 Rumah Sakit, Team Anggota P2K3 Rumah Sakit (Klinik, Lab, RS), Dept QHSE Rumah Sakit, Team Hygiene dan Sanitasi Rumah Sakit, Dept GA Rumah Sakit, Dokter, Perawat, Bidan, HRD Rumah Sakit dan semua pihak yang terlibat dalam penerapan Training Hygiene dan Sanitasi di Rumah Sakit.
METODE
Presentasi, Diskusi, Studi kasus, diskusi interaktif, presentasi kelompok dan evaluasi.
Fasilitas
- Lokasi Training di Hotel Bintang 3-5
- Sertifikat Training
- Modul Materi (Hard Copy & Soft Copy)
- Flashdisk
- Training Kit (Co-Card, Bolpoin, & Buku Catatan)
- Souvenir Eksklusif
- 1x Makan Siang dan 2x Coffee Break (Jam 10:00 & 14:00)
- Penjemputan Bandara – Hotel (Pulang-Pergi selama pelatihan)
Biaya dan Lokasi
- Yogyakarta : Rp 6.800.000,- / Peserta
- Bandung : Rp 7.600.000,- / Peserta
- Jakarta : Rp 7.800.000,- / Peserta
- Surabaya : Rp 7.800.000,- / Peserta
- Malang : Rp 7.800.000,- / Peserta
- Semarang : Rp 7.200.000,- / Peserta
- Solo : Rp 7.500.000,- / Peserta
- Bali : Rp 7.000.000,- / Peserta (Minimal 2 peserta)
- Lombok : Rp 7.400.000,- / Peserta (Minimal 2 peserta)
Keterangan
- Biaya dan Lokasi diatas hanya untuk Private Training dan Public Training, untuk In House Training penawarannya dapat menghubungi kami dilink berikut (kontak kami).
- Jumlah peserta, jadwal dan lokasi dapat menyesuaikan permintaan.
- Jika perserta ada 5 orang maka peserta yang ke 5 gratis biaya pelatihan.
- Pemintaan lokasi yang diluar daftar diatas dapat menghubungi kontak kami.
Untuk melihat jadwal pelatihan ini kunjungi Jadwal Training Update dan jika ingin mendaftar pelatihan ini, silakan isi form di Formulir Pendaftaran.